Skip to main content

Tahan Jari Dikit, Boleh?

Lucu juga ya. Saat menulis postingan ini saya masih deg-degan akibat menatap layar ponsel terlalu lama. Scrolling up and down whatsapp, twitter, facebook and friends buttons. Bukan, bukan karena membaca pesan kiriman dari kontak spesial atau puisinya Pak Sapardi Djoko Damono melainkan (yes, I'm EYD lover, what?) ada banyak sekali teman yang click-and-share informasi yang mereka dapatkan. Kalau infonya benar dan adem ayem sih nggak masalah. Kebanyakan info yang disebar sifatnya provokatif dan debatable, belum lagi bumbu-bumbu bombastis di setiap akhir pesan: "Sebarkan demi umat!" , "Jika kamu tidak mengirimkan ke 10 orang berarti bla bla blublublub". Yaelahbro...

 Sampai akhirnya saya menemukan ini
Seorang wartawan menjuluki mereka yang suka menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya sebagai the clicking monkeys, tapi celakanya para wartawan sering menjadi kumpulan monyet semacam itu. Mereka menulis apa saja yang dipungut dari sumber apa saja dan tidak jelas. Sebagian menulis tanpa malu dengan tak mencantumkan asal-usul sumbernya.
dari blog rusdimathari.wordpress.com.

Lalu saya googling "clicking monkeys".
Manggut-manggutlah saya dan flashback. Iya juga ya, saat ini mana sih media yang netral? Stasiun TV dan media massa aja sebagian besar "punya-nya" orang-orang yang berkepentingan. Mau se-netral apapun, kalau udah bicara uang dan kepentingan, mereka bisa apa?

Pandji Pragiwaksono pernah bilang kalau informasi yang ada saat ini ya asalnya dari opini orang tertentu, jadi pintar-pintarnya kita saja memilih berita yang layak kita percaya. Kalau saya, pertama kali ada berita ya liat dulu narasumber primernya, lalu media yang menerbitkan. Jika perlu, cross check dulu, nggak usah manja dan kayak orang susah, google search beberapa menit juga selesai.

Hal ini berlaku juga ketika kemarin sedang ramai-ramainya berita bencana alam. Baterai smartphone menjadi lebih cepat nge-drop karena broadcast message bertubi-tubi. Sempat beredar pesan singkat isinya kurang lebih memberitahukan warga sekitar Gunung Kelud berjarak sampai ratusan kilometer harap waspada karena diperkirakan awan panas akan menerjang. Di situ tertulis sumbernya adalah BMKG.com. Bayangkan kalau pesan seperti ini dibaca oleh mereka yang terpisah jauh karena sedang bekerja di lain daerah punya keluarga di sekitar lokasi bencana. Kali ini saya harus ngomong: pinter dikiiiiiit dong, dikit aja. Kalau mau ada awan panas, lembaga yang berhak mengeluarkan berita adalah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), bukan BMKG. Dan kalau ngaku sering ngikutin BMKG seharusnya tahu kalau website resminya ada di www.bmkg.go.id.

Jadi, hey kamu yang hobi banget RT-in tweet-nya selebtweet, atau copy-paste grup whatsapp tetangga untuk kemudian di re-share di grup satu dan yang lainnya, dibaca dulu ya itu berita opini, fakta, atau hoax. Smartphone-nya jangan disia-siakan. Kuota jangan cuma habis buat buka gambar new arrivals di online shop kesayangan. Oh, iya saya salah. Flappy bird bikin baterai cepat drop nggak sih?

Comments

Popular posts from this blog

Parikan ala arek Suroboyo

Kata orang, boleh aja kita meninggalkan, tapi kenangan nggak akan terlupakan. Dua setengah bulan di Surabaya membuat saya menemukan banyak hal baru. Mulai lingkungan baru, sahabat-sahabat baru, hati yang baru #eh, sampai menemukan akun twitter baru, hahaha. Oke, jadi gini, waktu itu saya sedang cari akun twitternya @infosurabaya biasalah setiap kota akun-akun dengan nama @infojogja @infoJKT dan info-info yang lain selalu ngetwit berita terupdate seputar kota yang bersangkutan. Bukannya @infosurbaya yang ketemu justru saya dipertemukan lebih dahulu dengan akun @aslisuroboyo yang sebulan terakhir ini membuat dahi saya sering dipegang oleh teman sekamar karena.......... yap, ketawa-ketawa nggak jelas saat buka twitter. Mau tau alasan ketawa-ketawa sendirian ini? Setelah baca ini silakan liat timeline @aslisuroboyo dengan hashtag #parikanRek. Dan buat kamu-kamu yang belum bergabung di twitter world, ini, dengan sukarela saya tuliskan beberapa twit gombal tingkat Keukenhoff dari akun yang s

Kopiku

Manis. Tidak juga menjadi manis. Pahit. Tapi hidup. Kadang pahit yang mengobati. Seringkali pahit yang justru menyembuhkan. Apa gunanya manis kalau hanya maya. Maya dimana mana. Kapan saja. Dengan siapa saja dan cara apa saja. Mulai halusinasi. Terserang ilusi. Kontaminasi delusi. Seolah-olah menjadi orang yang benar. Seolah-olah menjadi yang terpilih. Bahagia dalam maya. Menangis dalam manis. Cuma bisa meringis ketika teriris. Maya maya maya. Semu semu semu. Manis manis manis. Tanpa permisi pergi. Tanpa undangan datang. Pahit. Menyembuhkan. Pahit. Membenarkan. 

Sebuah PKPA, Sebuah Cerita

Sebenarnya postingan ini lebih bertujuan untuk memuaskan keinginan beberapa fans (baca: adik2 angkatan) yang penasaran bagaimana jalannya PKPA di Rumah Sakit. Sebagai kakak tingkat yang baik hati, budiwati, serta imut2, saya persembahkan waktu di antara membuat laporan dan menyelesaikan kasus ini untuk kalian. Dan karena saya PKPA di RSUD dr. Soetomo maka yang saya sampaikan adalah yang saya tahu dan beberapa pengamalan saya selama PKPA di rumah sakit termaktub di atas. Here it is! PKPA? Apaan sih? Oke, pertanyaan yang sangat serius sepertinya :P. PKPA adalah singkatan dari Praktek Kerja Profesi Apoteker, salah satu syarat memperoleh gelar apoteker dan di instansi saya (Fakultas Farmasi UGM) PKPA untuk mahasiswa minat Rumah Sakit dilaksanakan di tiga intansi pemerintah/swasta yaitu apotek, puskesmas, dan rumah sakit. PKPA Rumah Sakit, apa saja yang harus dipersiapkan? Otak, tenaga, waktu, biaya, dan the one in only: hati :) Di sana ngapain aja? Masuk ke poin utama